Sabtu, 15 Desember 2012

THE TWO CITIES

This isn’t about Sauron and Saruman conspiracy in Lord Of The Ring Movie The Two Tower. This is about two cities that most meaningful for me. Woow how deep that is.Ya ini tentang Kota Bogor dan Kota Surakarta (Solo). Di dua kota ini juga gue tinggal di dua kota ini gue menemukan arti hidup di dua kota ini gue menemukan keragaman di dua kota ini gue melihat keindahan Indonesia dalam skala kecil

Okay the first is Solo !!! gue tinggal disolo karena gue harus kuliah di UNS. Pertama gue sedikit kecewa harus tinggal disolo, yang gue pengen sih sebenernya Jogja yap gue pengen banget kuliah di UGM di fakultas kedokteran, yang udah dari kecil gue idamkan tapi takdir berkata lain, such an old and sad story hahaha. Setelah berjalannya waktu gue baru menemukan menariknya Solo. Kota yang lumayan besar yang dikelilingi oleh kota kartosura dan karang anyar dan dilewati oleh sungai yang sangat ngehits bengawan solo dan di bentengi oleh gunung lawu. Kota yang pembangunanya bisa dibilang cepat dengan tata kota yang baik. Kota yang masih memegang kental kebudayaan daerahnya dan memiliki keraton yang berada tepat di tengah kota solo.

Gue mulai suka solo ketika melihat masyarakatnya yang bisa hidup rukun dan damai ditengah perbedaan yang mereka yakini, tanpa ada kerusuhan yang berarti, masjid dan gereja bisa berdiri berdampingan, rasa tenggang rasa yang dimiliki masyarakat solo sangat tinggi, itulah kenapa solo bisa adem ayem aja. Selain masyarakatnya pemimpin merekapun padut diberikan credit untuk menyelesaikan masalah daerahnya. Pedagang kaki lima ditertibkan bukan diberantas untuk kerapihan kota dengan cara pendekatan yang benar. Merespon segala terror yang ada ditengah masyarakat dengan tenang dan berani turun langsung ke masyarakat yang sedang memiliki konflik. Disolo gue mendapatkan pandangan yang luas tentang pluralism dalam bernegara, disolo gue mendapatkan pelajaran kehidupan yang sangat berharga, ketika lo jauh dari orang-orang terdekat maka lo akan memiliki pandangan lebih luas melihat keberagaman dan perbedaan watak dan sikap orang untuk bertahan hidup, disolo gue menemukan arti dari keikhlasan dan juga semangat untuk merubah rasa kecewa menjadi sebuah lecutan semangat untuk terus berkarya.Karena di solo gue menemukan orang yang baik, orang baik yang pura-pura jahat, orang jahat yang pura-pura baik sampai orang yang benar-benar jahat.Disaat lo ngerantau rasa kekecewaan itu selalu muncul dari mana aja, dan lo harus bisa menyikapi itu dengan lapang dada dan ikhlas hahaha jadi sok bijaaaak gueeeehhh hahaha. Pokoknya solo punya cerita dan tempat tersendiri di hati gue yang bakal gue inget seumur hidup

BOGOOOORRR!!!! Ah my lovely hometown with all error public transportation (re : Angkot nu ngaco). Entah kenapa kota yang satu ini selalu bikin kangen,selalu bikin kenangan indah,selalu memberi ketenangan selalu memberikan kesan yang ramah untuk orang-orang didalamnya. Bogor adalah kota disamping Jakarta yang memiliki curah hujan yang sangat tinggi dan memiliki udara yang sangat sejuk, dikelilingi oleh 3 gunung, yaitu pangrango,gede dan salak. Kalo lo bangun pagi cukup keluar rumah dan melihat betapa megahnya 3 gunung itu dan lo bakal langsung jatuh cinta dengan Bogor. Kota yang tidak terlalu besar dengan populasi penduduk yang tidak terlalu banyak tapi angkotnya luar biasa banyak yang menyebabkan kacaunya lalu lintas kota Bogor(ga sekacau Jakarta tapi). Positifnya adalah lo gausah takut ga dapet angkot kalau misalkan lo pergi jam 2 malem.

Dibogor gue bisa ngerasa tenang banget buat ngadepin masalah, mungkin karena udara disana yang sejuk yah jadi bisa bikin pikiran tenang, ini gak lebay loh, coba lo pernah liat gak diberita ada kerusuhan dibogor ?ada demo yang berujung ricuh dibogor ?gaaak adaaaa meeen gila lo! Hahaha.Dibogor juga gue nemuin arti kesederhanaan, nemuin arti persahabatan dan keceriaan sepanjang waktu hahaha. Gimana yah abis orang bogor teh bageur-baguer brok! Pergaulanya juga beda jauh sama pergaulan ibukota. Orang bogor itu lebih mementingkan kebersamaan ini yang gue suka, kalo lo udah dianggep temen pasti kalo lo ada kesusahan lo langsung dibantu meeen! Satu lagi masyarakat kota bogor itu murah senyum dan welcome banget ke orang-orang yang datang kekotanya. Itulah kenapa Belanda pada zaman penjajahan memilih bogor sebagai tempat istirahat.

Keadaan alam yang dimiliki bogor itu indah bangets meeen. Kesan pertama pasti hijau dan asri brooo, cocok banget buat menghilangkan stress dan kepenatan. Bogor itu punya kebun raya sebagai paru-paru kota, gue yakin bogor gapernah banjir biarpun ujan tiap hari tuh yak arena kebun raya. Bogor punya puncak yang isinya adalah kebun the yang yahud !dipuncak tuh banyak banget objek wisata alam yang bisa kita coba brok !tapi jangan kawin kontrak ye kalo kepuncak hahaha.
Ah bogor-bogor ke syahduanmu gabakal tergantikan. Coba lo tinggal dibogor selama 1 tahun gue jamin lo bakal ngerasain yang gue rasain hahaha

Sebenernya semua kota Indonesia yang udah pernah gue datengin indah dan memiliki ciri khasnya masin-masing. Lo gaperlu harus datang ke kota yang modern atau maju untuk mendapatkan sebuah rasa kesenangan. Cukup nikmati setiap momentnya maka lo akan merasakan kebahagiaan yang sangat besar dan kecintaan terhadap Indonesia. Kita gausah berharap akan menemukan suatu yang sempurna dari Indonesia, tapi cobalah kita menjadi sempurna buat Indonesia !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar