Sabtu, 16 Februari 2013

Dapet Salam Dari Indonesia ( Part Photo)


Persiapan Terakhir Sebelum Keberangkatan

Stasiun Jebres Solo

Terminal Kota Malang

Asyik bet di Angkutan Umum menuju Pulau

Pemberhentian Pertama ( Kontrakan Goday )

Sarapan dulu karena Gilang Semaput





As Cool as always :)


Briefing Sebelum Tracking

Friend in a ship Friendship

Break ditengah tracking

Mantep Gak sih bro ?

View from boat

Orang dengan bawaan paling banyak

Messed Up !

Break lagi brok cape brok !

Sempet-sempetnya gaya udeh malem juga

Cool !!!!

I'm not the kop

Romantisme dua sejoli

Yusuf Mansyur in style

We aren't a boyband actually

Suku anak dalam

Perfect picture with perfect person, isn't it ?

Gimana bro jalanya gokil kan ?

Whatsapp nigga ?

Persiapan balik bro

Pembersihan tenda


and the end of our journey

These Photos took by Fikri Indra Maulana and Angga Atmaja

These are not just photograph, these have so many memories inside them, you shouldn't get the perfect angle to get a perfect picture just get a perfect moment and perfect person inside it

Dapet Salam Dari Indonesia ( Part 3 )


Persiapan terkahir sebelum tracking, mulai dari menentukan posisi, barang bawaan, waktu berhenti dan perizinan lagi. Hari ini sedikit ketat dari pemeriksaan di lapangan karena baru dua hari kemarin ada sepasang wisatawan yang hilang pada saat tracking. Tapi Alhamdulillah sudah bisa ketemu dengan selamat pada saat kami kembali. Okay semua persiapan sudah siap langsung berangkat ! baru aja masuk jalur tracking kami sudah dikejutkan oleh sebuah kubangan lumpur yang besar, wow ! dan itu harus kami lewati karena itu merupakan jalur tracking, okey pluk ! bunyi kaki kami saat masuk lumpur dan ternyata sepatu “Tsubasa” a.k.a sepatu anti slip benar-benar membantu bener-bener membantu karena kami benar-benar tidak merasa licin pada saat berjalan dilumpur haha. Jalanan makin parah ketika kami berjalan makin dalam ke dalam hutan, lumpur dimana-mana dan  tidak ada ranting yang cukup kuat untuk berpegangan, perjalan yang seharusnya bisa di tempuh hanya dengan 1,5 jam kini menjadi 5 jam, berdasarkan kata orang-orang yang melakukan perjalanan arus balik, what ! kami melihat jam ternyata sudah jam 3, berarti kita akan sampai sekitar jam 8 ? kami tetap optimis akan sampai Sagara Anakan, semangat untuk melihat keindahan alam yang diberikan Tuhan untuk kita di negeri tercinta ini, meskipun lumpur setebal apapun pasti kami akan hadapi.
Perjalanan sudah mencapai tengah, kami mulai sedikit lelah karena harus jatuh bangun ketika menghadapi lumpur dan pohon-pohon yang rubuh, kekuatan fisik dan mental kami di uji disana, karena hari sudah mulai malam cahaya sang surya pun mulai mulai meredup. Senter yang kami bawa tidak cukup terang untuk menerangi jalan yang sudah tidak berbentuk lagi, banyak orang yang menyerah dan kembali ke tempat kami baru sampai, karena medan semakin berat didepan nanti. Kami putuskan untuk istirahat sejenak untuk minum. Dan langit pun mulai menurunkan rintik-rintik air hujan kepada kami, wah harus cepat bergerak ini, kebayang medan yang sudah sangat kacau di tambah dengan guyuran hujan, bakal jadi halangan tersendiri. Tapi kami tetep semangat untuk sampai ke tujuan, kami jauh-jauh ke malang bukan untuk menyerah, kami jauh-jauh ke malang bukan untuk kalah dan kami jauh-jauh ke malang hanya untuk melihat sebuah Laguna yang sangat indah dan itu tujuan kami !
Perjalanan kami lanjutkan, baru 15 menit kami berjalan kejadian yang sangat menegangkan terjadi, gue bertugas membuka jalan didepan bersama egar, tiba-tiba teriakan yang memecahkan keheningan terdengar “ Nang Wil TOLONG !!!” kami langsung nengok kebelakang dan terlihat carrier jirjis yang sangat besar berada di tanah di pikiran gue “Astaga jirjis masuk jurang” karena yang terlihat hanya sebuah carrier berdiri tegak tanpa orang, dan ternyata jirjis masuk kedalam lumpur sedalam 1 meter. Sentak mumbuat kami semua kaget dan reflek berlari kebelakang, gue hanya bisa berdoa karena gue udah menyebrang sebuah lumpur yang sangat dalam dan kata teman-teman “udah nang lo disitu aja, nanti ga ada yang nyebrangin” sambil berharap-harap cemas, gue berdoa untuk tidak terjadi kemungkinan terburuk yaitu terjadi dislokasi pada lutut jirjis karena posisi jatuh yang buruk. Sekitar 10 menit upaya penarikan jirjis dari lumpur akhirnya berhasil, karena badan jirjis yang sangat besar membuatnya terperosok dalam, tapi syukur Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa terhadap jirjis. Karena kondisi fisik yang memang kuat jirjis langsung berdiri dan melanjutkan perjalanan. Perjalanan semakin berat karena jalanan benar-benar tidak terlihat bila tidak menggunakan senter, hanya sebuah headlamp kecil modal gue untuk membuka jalanan didepan, sambil terus berdoa tidak terjadi kejadian seperti tadi kami terus berjalan. Rasa tanggung jawab atas keselamatan semua teman-teman gue yang membuat gue terus semangat dan berpikir positif dalam perjalanan ini. Genangan lumpur, jalan yang sangat licin dan terjal dan gelap menjadikan sisi petualangan dari perjalanan kami menjadi lebih bermakna. Kebersamaan dan tekat yang besar adalah kunci menghadapi setiap rintangan didepan. Sudah tidak ada lagi canda tawa pada saat ini, semua berkonsentrasi dan berdoa agar sampai tujuan dengan selamat. Bayang-bayang wisatawan yang hilangpun mulai hinggap di benak kami, karena tak kunjung sampai tujuan. Tapi lagi-lagi karena gue berjalan dengan orang-orang yang luar biasa membuat gue yakin pasti akan sampai tujuan dengan selamat. Sifat pantang menyerah yang gue liat dalam kehidupan sehari-hari pada saat kuliah benar-benar mereka tunjukan disini, kesolidan dari pertemanan kami pun teruji disini tidak ada yang bertindak egois dalam perjalanan ini, saling support dan membantu apabila terjadi kesulitan dalam perjalanan. Give a salute to all of you guys !
Setelah lama berhadapan dengan kegelapan yang tidak menentu akhirnya terlihat cahaya dan suara keriuhan di depan sana, “wah sampe bro !” kami mempercepat langkah kami dan tiba-tiba ada yang teriak “ break !” ketakutan menghinggapi pikiran gue lagi, langsung lari kebelakang, dan ternyata gilang lagi bersihin sepatunya sambil nyengir dia ngomong “ slow yak sepatu gue berat banget ini” hahaha senyum kembali terlihat di muka sahabat-sahabat gue, setelah gilang si Cinderella membersihkan sepatunya perjalanan yang tinggal sedikit lagi itu kami lanjutkan.  Aaaahhhh sagara anakan bro ! terdengar desiran ombak yang khas dari sebuah pantai, kami langsung duduk di pinggir pantai mengistirahatkan kaki kami yang telah berjuang melawan lumpur selama 4,5 jam, suasana Laguna yang begitu tenang benar-benar membuat hati dan perasaan tenang sejenak kami semua terdiam memandangi air entaj apa yang dipikirkan teman-teman gue. Gue terus berterima kasih kepada Allah SWT karena telah memberikan alam yang indah ini kepada kami, memberikan gambaran surga yang ada di dunia ini ke kami, ketika melihat ke langit terlihat hamparan bintang-bintang yang mulai menunjukan dirinya yang daritadi tidak terlihat karena tertutup awan, perasaan seperti ini yang tidak akan pernah terbeli oleh apapun dan tidak bisa didapat apabila kita pergi keluar negeri. Perasaan memiliki dari pemberian Yang Maha Kuasa ini yang selalu gue rasakan apabila sampai kesebuah tujuan. Dalam lamunan kecil ini gue sambil bernyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya dan menambah ke syahduan malam ini. Lamunan kami pecah ketika djirjize ngomong “ Yuk kita bikin tenda” semua saling membantu dalam mendirikan tenda, setelah tenda selesai persiapan masak disiapkan dan makaaan  ! sarimi isi duanya ayu ting-ting menjadi andalan kami haha. Kebersamaan seperti ini yang sudah lama tidak kami rasakan, karena kesibukan masing-masing dalam perkuliahan selama semester-semester kebelakang, dan baru kali ini bisa berkumpul kembali. obrolan-obrolan kecil dari kami menambahkan rasa kebersamaan ini, setelah selesai makan mulaiah kami menyanyikan lagu-lagu yang lagi in kayaknya haha, suara kami memecahkan keheningan sekitar tenda kami, orang-orang sekitar kami pun mulai ikut bernyanyi, mungkin karena suara djirjize yang sangat merdu membuat orang sekitar jadi tidak segan untuk ikut bernyanyi, semua menjadi membaur dan saling bertukar pikiran dengan obrolan-obrolan. Sambil menunggu pergantian tahun yang baru kami duduk diluar tenda sambil bertukar pikiran. Ada kelompok yang membawa ikan laut untuk di bakar ternyata, wangi-wangi bakaran sudah mulai tercium, laper broo !kita hanya bermodalkan sarimi isi dua, sedangkan dua tenda di samping kami sedang membakar ikan tongkol dan udang. Harus tetap disyukuri kalo kata maje mah haha, tapi  gak lama setelah itu ternyata doa kami didengar oleh Tuhan YME. Hahaha kami dibakasih beberapa potongan ikan tongkol wow !lumayan bro dicampur sarimi isi dua tambah nge-gress ini haha. Perut sudah kenyang dan kami sudah mulai ngantu karena kelelahan, tapi orang-orang disini membuat kami bersemangat lagi, banyak guyonan-guyonan kocak yang keluar dari mereka, yang membuat kami kembali tertawa, this’s really killing a time haha udah mau jam 12 aja, apa yang harus kami lakukan saat taun baru nanti yah ?ga ada kembang api dan terompet untuk kali ini, apa yah yang harus gue lakuin ?sebuah ide muncul “ gue bakal nyanyi Indonesia Raya “ bodo amat mau malu-maluin yang penting gue persembahkan lagu kebangsaan ini untuk sang merah putih tercinta ! gue bisikin jirjis tentang rencana gue ternyata dia setuju dengan gue, okey ini gabakal terlalu malu-maluin karena suara gue yang pas-pasan akan tertutup oleh suara jirjis yang luar biasa. Seperti biasa ketika semakin dekat dengan jam 12 malam, yang lain sudah siap-siap diluar tenda, I didn’t know what were they gonna do, yang pasti kami semua dilarang untuk membawa barang-barang yang membuat gaduh. Untuk menjaga ketenangan yang menghuni pulau, bukan mistis loh ini, pulau sempu adalah cagar alam untuk beberapa satwa langka yang ada di Indonesia.
Okey sudah jam 11.59, countdown dimulai, 59,58,57,56,55,…,..  5,4,3,2,1 yeaaah !!! selamat datang 2013 ada yang tereak gitu. Langsunglah gue mengambil suara “ Indonesia tanah airku tanah tumpah darahku, disanalah aku berdiri jadi pandu Ibuku” Jirjis “ Indonesia kebangsaanku bangsa dan tanah airku marilah kita berseru Indonesia bersatu” entah apa yang ada dibenak orang-orang disana yang pasti MEREKA IKUT NYANYI BRO !!!!! satu sagara anakan ikut bernyanyi INDONESIA RAYA ! gue langsung merinding, perasaan yang luar biasa belum pernah sebelumnya di hidup gue, menyayikan lagu kebangsaan di tengah pulau dan di ikuti oleh semua orang disana !Rasa Nasionalisme kembali tersentil pengharapan di tahun yang baru kembali muncul, semua hal buruk yang ada di tahun sebelumnya seperti hilang dari ingatan dan muncul harapan-harapan yang baru di benak gue. Inspirasi yang sebelumnya hilang,pengharapan yang dulu hilang semua kembali ke otak gue,sebuah hal yang sangat luar biasa sebuah kesempatan yang diberikan Allah SWT kepada gue untuk menikmati keindahan alam negeri ini, Subhanallah !
Nyanyian selesai dan tiba-tiba “ KALIAN LUAR BIASA”kata-kata dari mulut joy yang mencairkan suasana, dengan bergaya seperti ariel dia mengucapkan kata-kata itu. Hahaha joy si asyik emang.
Sekali lagi gue berterima kasih kepada Allah SWT karena sudah menempatkan gue di Indonesia, Negeri dengan segala keindahan dan keberagamanya. Sebuah negeri harapan, sebuah negeri cita-cita dan sebuah negeri yang luar biasa !
Sebuah pengalaman baru yang sangat-sangat tidak bisa dilupakan,sebuah cerita baru sebuah cerita yang akan kami ingat untuk selamanya. Terima kasih Tuhan dan Terima Kasih Sahabat J

Rabu, 13 Februari 2013

Dapet Salam Dari Indonesia ( Part 2 )


Antrian begitu menumpuk didepan pintu masuk stasiun, dan petugas pun membuka pintu masuk stasiun,seketika tumpukan manusia yang berada di depan stasiun menggila, sampai ada yang jatuh dari tangga karena terpental oleh orang-orang yang lebih kuat. Kiwil ( panggilan dari fikri )dan egar pun ambil langkah cepat dan mendapat antrian yang lumayan didepan untuk antri di loketnya. Waktu itu masih pukul 03.30 dan loket di buka 04.15 jadi kami harus mengantri selama 45 menit untuk tiket ini. Sudah pukul 04.15 dan loket pun dibuka, orang-orang diluar antrian langsung kedepan untuk menitip tiket dan ternyata barisan paling depan adalah calo yang setiap hari mengantri seperti itu,carut marut birokrasi stasiun pun terlihat jelas disitu, dan ketika loket baru dibuka, ada pengumuman “ tiket kereta menuju malang untuk pukul 04.30 sudah habis. Beuh ! ajaib ! baru 1 menit buka langsung habis, dan kita pun tidak dapat tiket. Melihat jadwal lagi, ternyata masih ada untuk jam 08.00. okay kita ambil yang itu saja, tapi belum lama setelah pengumuman pertama ada pengumuman kedua “ tiket kereta tujuan malang untuk pukul 08.00 sudah habis” woow ! kecewa bercampur kesal terlihat dari wajah temen-temen gue, secarut-marut inikah birokrasi stasiun Surabaya. Kami sudah mulai putus asa, karena dapat kabar juga bahwa jalan dari Surabaya menuju malang kemarin macet total. Akhirnya kami berpikir sejenak, dan memutuskan untuk naik bus ke malang, sambil berdoa mudah-mudahan tidak macet. Akhirnya kami langsung bergegas ke terminal Surabaya untuk cari bus secepatnya agar tidak terlalu siang dan terkena macet. Kami memutuskan untuk naik ankot yang udah stand by di depan stasiun. Dengan membayar 4000 per orang okay kita langsung berangkat. Suasana tegang yang tadi di stasiun seketika hilang ketika melihat pemandangan kota Surabaya di saat subuh seperti ini. Kota metropolitan dengan lampu terang di sepanjang jalan dan di setiap gedung menjadi keindahan tersendiri. Suasana menjadi tenang dan bercandaan pun mulai keluar lagi dari mulut kami, membuat gue sendiri bisa melupakan bayangan kemacetan yang akan kita hadapi didepan nanti. Ga terasa perjalanan 15 menit pun berlalu, kita udah sampai di terminal Surabaya. Langsung ada bus yang keluar terminal dan langsung kita cegat ! hap ! ternyata penuh !!!! dan kami pun berdiri semua dan berdesak-desakan. Okay gapapa demi sampe malang tepat waktu ! Perjalanan pun dimulai. Obrolan-obrolan tentang masa depan pun dimulai. Antara gue, kiwil dan shandy karena yang lainya terpencar-pencar.
Obrolan semakin seru ketika kita melewati tanggul dari lumpur lapindo brantas. Kiwil yang notabene baru selesai kerja praktek di Pertamina Talisman pun mengerti kenapa lumpur lapindo bisa meluap sampai seperti sekarang. Yap alasanya klise, yaitu untuk menghemat biaya operasional. Jadi pada saat pengeboran berlangsung itu di setiap kedalaman tanah tertentu itu harus dipasangkan Cassis untuk menahan tekanan yang di akibatkan dari gas bumi yang berada dibawah, dan setiap lubang yang digali itu amannya menggunakan 2 buah cassis. Nah PT. Lapindo Brantas hanya menggunakan 1 cassis saja, sebenernya bisa aja pakai 1 cassis asalkan dengan perhitungan yang tepat dan tidak ada factor alam lainya. Jadi langsung aja yah, ketika 1 cassis itu sudah mencapai limitnya dan ternyata waktu itu bertepatan dengan gempa yang terjadi di bantul, lapisan tanah pun bergeser membuat cassis yang dipasang menjadi miring dan lumpurnya pun keluar dari dinding-dinding lubang pengeboran. Dan mulailah bencana yang sampai sekarang belum teratasi. Banyak banget pengetahuan yang gue dapet dari si kiwil, si kiwil emang diantara temen-temen gue merupakan orang yang paling berprestasi. Dia akan mengadakan seminar penelitian di Perth dan Aussie di Australia pada pertengahan Januari 2013. Luar biasa teman saya yang satu ini. Pemandangan pun berubah dari tanggul tinggi menjadi gunung Semeru yang menjulang tinggi terlihat dari jalanan menuju malang. Subhanallah itu kata yang pertama muncul dari mulut gue, gunung semeru yang begitu gagah ditambah dengan cahaya sang mentari pagi yang mulai muncul dengan indahnya pemandangan yang luar biasa sekali. Gue langsung manggil satu-satu temen gue yang terpencar-pencar dan berteriak dalam bus “ Kalian dapat salam dari Indonesia. Hahaha berasa fedi nuril gueh biarpun gue gamau bgt disamaain sama fedi nuril. Seketika langsung tersenyum temen-temen gue dan tidak berhenti memandangi pemandangan ini. Wow ! teriakan kondektur bus “ terminal malang siap-siap” waaah udah nyampe brok !gila tanpa macet sama sekali dan ditambah dapat pemandangan yang sangat luar biasa sekali, memang Allah selalu memberikan kemudahan untuk orang-orang yang memiliki niat baik.
Bus berhenti dan ternyata GIlang mabuk perjalanan, muka pucet dan badan lemas karena perut belum diisi dari malam, okay langsung kita cari makan di sekitar terminal, dan masakan khas jawa timur yang kami pilih. Setelah perut terisi penuh barulah kita menghubungi teman djirjize yang menyewakan tenda kemarin. Okay kita bakal bertemu di kontrakan salah satu teman dari bogor yang ada di Malang. Naik angkot malang dan sampailah di perumahan tempat teman kita disana. Ternyata Icha(teman yang membantu kita semua) sudah menunggu disana dan goday orang yang punya rumah. Okay kita meregangkan tubuh dulu sebentar sambil nunggu Icha mengambil tenda dengan temenya yang bernama Aldo ( Ketua Pecinta Alam Fakultas Teknik di Universitas Brawijaya ). Mereka bertiga sangat-sangat membantu untuk perjalanan kita di Malang, lewat tulisan ini jug ague mau ngucapin terima kasih banyak atas semua bantuan kalian, tanpa kalian perjalanan kami akan semakin sulit, thank you buddy J. Tenda pun datang dan kita packing ulang untuk persiapan ke sempu, semua sudah masuk ke carrier dan daypack masing-masing. Let’s Rock !
Perjalanan dari kota malang ke pantai sendang biru memakan waktu 3.5 jam ternyata, kita lihat jam ternyata sudah jam 11. Okay gapapa pasti keburu kok. Karena mungkin kecapekan tidak ada candaan di angkot kita saat itu, kami semua coba beristirahat sejenak untuk memulihkan tenaga karena tracking sempu di musim hujan merupakan pekerjaan yang berat. Sambil melihat kota Malang dan kami semua beranggapan bahwa Malang adalah campuran kota Bandung dan Bogor. Karena belum ada dari kami yang pernah menyusuri kota Malang. Pak Haryanto ( supir angkot ) merupakan supir yang professional haha bila disuruh ngebut dia bisa ngebut tapi kalo suruh pelan-pelan bisa pelan-pelan dan bikin ngantuk haha apadah kagak penting banget. Okay 2 jam perjalanan kita di cegat oleh para angkot sekitar yang mengatakan bahwa kita gaboleh masuk lebih jauh lagi bila menggunakan angkot dari luar, waduh masalah lagi ye, akhirnya setelah nego beberapa saat akhirnya kita menyepakati untuk pindah angkot agar tidak ada masalah. Yap angkot pedesaan dengan tatanan duduk yang berbeda dan tidak bisa di charter ( I don’t know how to spell this word haha ). Jadilah kami harus berdesakan dengan para penumpang lain, bukanya apa-apa kami sendiri yang ga enak, soalnya bawaan kami banyak banget ditambah badan kami yang mungkin saat itu sedikit bauuuu karena belum mandi haha tapi gapapalah yang penting sampai sempuuu. Tapi ternyata masih 1,5 jam lagi perjalananya, gapapalah sekalian nikmatin pemandangan kota malang dari atas gunung. Pemandangan ciri khas pedesaan pun mulai terlihat, sangat menenangkan, penat seketika hilang, hiruk pikuk kehidupan kota besarpun tidak terlihat disini sadaaap pokoknya mah haha. Lagi-lagi kami mendapat salam dari Indonesia ketika melewati sebuah aliran sungai yang sangat jernih dan langsung dari kaki gunung luar biasa sekali bro ! 1,5 jam bener-bener ga berasa. Ternyata sudah dekat ke pelabuhan sendang biru, ternyata ada pasar, kami menurunkan seorang ibu-ibu dipasar dan gue menemukan sebuah toko yang berjualan “ Es FANTASI” woooow ! what is that bro ?es yang belum pernah gue bayangkan, es fantasi, ada yang bisa nebak itu es apaan ?soalnya kami mau turun mau beli tapi kata pak supir gaboleh berenti lama-lama dipasar nanti ngeganggu orang, -_- bilang aja pak mau kejar setoran haha baiklah es fantasi gue bakal cari tau apa sebenarnya kamu itu haha
Sendang biru ! ternyata keren bro !ini aja baru pelabuhanya buat nyebrang yah udah keren gini apalagi Pulau sempunya dan Laguna Sagara Anakan bedeuuuh makin ga sabar gout buat nyebrang kesana. Mendaratlah kami disana, langsung cari mushola karena kami belum shalat. Setelah shalat gue dan Djirjize meminta izin dan daftar ke kantor wisata pulau sempu, setelah mendapat pengarahan dari petugas kami di rekomendasikan untuk menyewa sepatu anti slip hahaha baiklah kami percaya aja karena konon katanya track menuju Laguna Sagara anakan lagi benar-benar licin. Okay semua persiapan sudah kami penuhi dan kami pun nyebrang dengan perahu sewaan dengan tariff 10ribu perorang, oiya sepatu juga 10ribu perpasang. Pemandangan di perahu udah gausah dijelaskan lagi, keren, damai, indah dan sebagainya berasa lagi di Raja Ampat kayaknya mah hahaha, pas melewati dua buah bukit gue langsung terlintas film Anaconda wow this looks like in amazon ! tadi juga gue liat hewan-hewan yang ada dipulau sempu di poster yang ada di kantor, ada Biawak bro ! that’s my arc enemy !I hate lizard ! ada ular juga ternyata berarti kami harus hati-hati pas tracking, tapi yang di khawatirkan bokap gue ga ada ternyata. Bokap gue mengkhawatirkan akan adanya harimau di pulau sempu ! hahaha. Perjalanan naik perahu hanya memakan waktu 10 menit aja soalnya jaraknya benar-benar dekat. Okay kita sampai di pulau sempu ! baru awalnya aja udah keren banget ini mah, bener-bener kayak di film-film, sebuah pulau tanpa penduduk dan pemandanganya yang keren and I hope there isn’t a stone cold killer out there. Kami pun langsung loncat dari perahu karena sangat bersemangat !udah gasabar bro dan juga harus ngejar waktu karena tidak mau terlalu malam untuk sampai Sagara Anakan.

Dapat Salam Dari Indonesia ( Part 1)

Dipostingan kali ini mungkin akan berbeda dengan postingan gue sebelumnya. Kali ini gue tidak hanya mendeskrispikan sebuah tempat yang indah yang ada di Indonesia tetapi juga menceritakan perjalanan yang gue tempuh untuk menuju tempat yang sangat istimewa ini. Gue dedikasikan tulisan ini untuk semua teman-teman gue yang luar biasa. And the story begin !
Perjalanan ini di awali oleh gagasan seorang pemuda yang akan lulus kuliah dan mungkin akan menjadi tahun terakhirnya merayakan pergantian tahun dengan teman-teman yang sudah dia anggap seperti saudaranya sendiri. Gagasan itu muncul ketika pemuda ini sedang melakukan perjalanan ke sebuah kota di jawa timur asal kota Presiden kita sekarang. Diperjalanan dia berpikir “ Gue harus membuat sebuah moment yang gak bakal bisa gue lupain buat gue dan temen-temen gue. “ dari pemikiran itulah dia mulai memutar otaknya agar menemukan hal yang sangat berkesan yang harus dijalankan. Ketika dia dalam perjalanan ke kota presiden dia melihat ke luar jendela dan menemukan pemandangan yang sangat luar biasa pada saat senja. Akhirnya sebuah ide muncul. Yap gue bakal ajak temen-temen gue untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Tapi harus kemana gue mengajak mereka semua ?sebuah tempat yang baru, sebuah tempat yang tidak pernah mereka kunjungi, sebuah tempat yang belum mereka rasakan.
Akhirnya sebuah ide muncul ketika melihat PM seorang teman “ Sempu “ dengan fotonya yang sangat indah sekali. Langsung jatuh cinta pada pandangan pertama ketika melihat foto yang ada di profilenya. Si pemuda langsung mencari informasi tentang pulau sempu itu. Setelah dia mendapatkan informasi yang cukup dari seorang teman dan bantuan internet akhirnya dia mengajak teman-temanya untuk melakukan perjalanan kesebuah pulau yang berada ±60 km dari pusat kota malang.
Terkumpulah 10 orang yang akan melakukan perjalanan menuju sempu, lewat bantuan messenger dan social media akhirnya berkumpulah 10 orang yang bisa ikut. Baiklah akan gue perkenalkan siapa saja orang yang akan ikut dalam perjalanan ini. Pertama, Danang Wibawa Shakti yap gueh haha yang memiliki gagasan untuk melakukan perjalanan ini*sadap, Djirjize Abdul Hakim seorang pecinta alam, seorang calon ketua tertinggi di Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil seorang teman yang sudah gue anggep saudara karena sama-sama perantau yang berasal dari bogor, seorang yang memiliki pemikiran yang luar biasa dalam melihat persoalan-persoalan social. Satu lagi orang paling “ASYIK” di fakultas teknik. Fikri Indra Maulana seorang ketua tertinggi di Himpunan Mahasiswa Teknik Industri, seorang sahabat yang bener-bener seperti saudara sejak awal gue disolo sampai sekarang. Seorang pejuang dalam himpunanya. Teman gue berjuang dalam mendirikan komunitas Perantau Bogor yang ada di Surakarta yang sudah sangat besar. Orang yang memiliki determinasi, kapasitas, dan kapabiltas dalam merubah Indonesia pada saatnya nanti. Febri Muhammad Rachadian seorang sahabat yang seperti saudara sejak SMA yang satu sekolah dengan gue dan karena gue pengaruhi juga dia bisa nyasar disolo haha seorang yang memiliki idealism yang sangat tinggi dan seorang asisten dosen di Jurusan teknik Industri. Egar Adhistira teman satu perjuangan gue di teknik Sipil sejak awal gue kuliah di UNS. Benar-benar mengalami susah dan senangnya kuliah bersama orang yang satu ini dan bahkan lulus juga bakal bareng haha. Gilang rahmawan seorang yang memiliki tingkah laku yang konyol bila bersama dua temanya Restio dan Shandy Agus. Hahaha sayangnya restio tidak ikut karena ada keluarganya yang datang pada tahun baru. Jadi tinggal berdua “pasangan suami istri”  haha. Gilang berasal dari bogor dan shandy berasal dari tangerang. Karena dua orang ini perjalanan ini menjadi konyol dan seru dan lebih berwarna dengan kelakuan dua orang ini. Angga Atmaja seorang yang memiliki phobia dengan hantu dan yang gue aneh dia merupakan orang yang taat beribadah tapi kenapa bisa penakut yah ?dan kalimat pertama ketika gue ajak dia adalah “Nang disana ga ada listrik yah ?gelap dong ?”. kekonyolan yang seperti ini yang bikin perjalanan kali ini gabisa dilupakan. Dan yang terakhir adalah Majedah Hayun. Dia adalah kakak dari Djirjize,seorang presiden Badan Eksekutif Mahasiswa,seorang kakak yang sayang banget sama adeknya yg imut-imut. dan seorang yang taat beragama, gue kenal dia karena dia berasal dari bogor juga,seorang teman seperjuangan dari awal kuliah.
Cerita dimulai ketika gue meminta tolong teman yang ada disolo untuk mencari tiket kereta menuju malang, karena hanya kereta yang sangat memungkinkan untuk menuju malang, karena jika naik bus akan sangat macet dan gue ga punya cukup uang untuk naik pesawat. Akhirnya Joy lah yang berangkat untuk beli tiket. Joy itu nama panggilan dari febri. Haha. Karena gue masih di pacitan karena mendapatkan undangan dari bupati pacitan. Keren yak ?hahaha padahal ayah gue yang di undang. Karena sinyal yang buruk juga ketika di pacitan gue jadi harap-harap cemas menunggu kabar apakah joy mendapatkan tiket atau tidak. Ternyata yang di khawatirkan terjadi, kita kehabisan tiket kereta menuju ke Malang. Oh tidaaak apakah akan gagal rencana kita ?ternyata joy mengambil solusi dengan membeli kereta menuju Surabaya. Okay gapapa kita berangkat ke Surabaya dulu, dan Surabaya ke Malang tidaklah jauh. Setelah masalah tiket clear pada malamnya ketika gue udah balik ke solo lagi, kita berkumpul untuk membicarakan hal-hal apa saja yang diperlukan. Djirjize yang sudah berpengalaman dalam perjalanan ke alam memberikan list-list barang yang harus dibawa. Dan ada masalah, ternyata kita tidak ada yang memiliki tenda untuk di sempu nya nanti. Okey tapi kata orang-orang tenda itu banyak yang nyewain di daerah solo. Barang-barang yang lainya sudah bisa di handle. Akhirnya gue memutuskan untuk mencari pinjaman tenda ke UKM di universitas dan tempat-tempat lainya. Ternyata sangatlah sulit mencari tenda di akhir tahun seperti ini. Gue muterin solo dan tidak mendapatkan satu tendapun, padahal kita membutuhkan setidaknya dua tenda. Tenda milik UKM universitas semuanya dipakai, tenda di tempat penyewaan semuanya sudah full booked, ah rasanya sudah putus asa ketika tenda tak kunjung datang. Sampai kita berfikir tidak usah pakai tenda saja disananya, tapi berhubung lagi musim hujan maka tenda merupakan hal yang wajib untuk dibawa. Semua mencari pinjaman tenda ke solo, jogja, klaten sampai ke semarang, tapi tidak satupun yang mendapatkan tendanya. Okay disini gue udah mulai desperate. Tapi sebagai orang yang udah mengajak gue gaboleh keliatan nyerah dalam perburuan tenda. H – 1 sebelum keberangkatan ternyata Allah mendengar Doa kita semua. Djirjize mendapatkan pinjaman tenda dari seorang temanya yang ada dikota malang. How lucky we are. Semua masalah clear ketika waktunya tiba.
Hari minggu hari keberangkatan pun tiba. Semua sudah tidak sabar untuk segera berangkat pada malam hari. Barang sudah di packing semua, carrier sudah di packing dan kita pun siap untuk berangkat. Kita berangkat dari kosan Djirjize karena paling dekat dengan stasiun Jebres. Kita memutuskan untuk jalan kaki dari kosan. Perjalanan memakan waktu 45 menit. Jalanan solo sudah gelap dan kita pun berangkat jam 11 malam. Waktu itu Chelsea sedang melawan Everton dan dalam keadaan kalah. Gue jalan dengan harap-harap cemas hahaha. Karena jalanan sudah gelap Angga pun mulai terlihat gerak-gerik ketakutanya haha. Dan hal yang paling konyol adalah ketika ada anak kecil disebuah rumah menirukan suara anjing, angga yang membawa carrier yang berjalan dipaling belakang langsung berlari kencang kedepan dengan muka panic dan berkata “ nang barusan itu orang apa bukan ?” kelakuanya langsung membuat kita tertawa terbahak-bahak. Setelah 45 menit berjalan akhirnya sampai di stasiun jebres, dan terdengar teriakan “GOOOAAALLL!!!” dari pos satpam dan ternyata Frank Lampard dapat membalikan keadaan menjadi 2-1 untuk Chelsea. Maaann !!!! this is great ! sampai di jebres kita harus menunggu kereta selama 30 menit. Sambil berdiskusi ringan dan biasa saling ejek kisah cinta para pria gagal cinta semua hahaha. Dan satu pertanyaan pun muncul “ jadi sebenernya yang lo cari itu pacar atau pasangan hidup sih sekarang ? “ Waktu 30 menitpun tidak berasa. Akhirnya kereta yang ditunggupun tiba. Langsung naik ke kereta. Didalam kereta keramaian kami pun tidak berhent. Sampai ada mba-mba bĂȘte dan pindah tempat tidur karena kelakuan dari Gilang dan Shandy. Jam pun sudah menunjukan pukul 01.00 akhirnya kami memutuskan tidur karena kita akan sampai Surabaya jam setengah 4. Dan dikereta kita mendapatkan info bahwa kereta dari Surabaya ke malang sangatlah penuh, bahkan orang-orang rela mengantri dari jam 2 malam. Wah bahaya ini, tapi kita tetep optimis bakal dapet tiket. Okay kita tidur. Kondektur oun membangunkan seorang dari kami dan memberikan kabar bahwa sebentar lagi kita akan sampai Surabaya. Rencana pun di buat. Siapa yang akan lari ke loket untuk beli tiket kereta. Akhirnya egar lah yang diutus untuk lari keloket. Keretapun berhenti. Dan egar langsung turun dan mencari loketnya. Ternyata harus keluar dulu dan yang dikhawatirkan kembali terjadi. Orang-orang sudah mengantri didepan pintu stasiun. Oh tidak ! apakah kita bakal dapat tiket ?

Sabtu, 15 Desember 2012

MUSIK ASIIIIK

Music asik men hahaha, di postingan ini gue bakal nunjukin bahwa Indonesia juga memiliki musisi kelas dunia, dengan segala macam kreativitas dan kredibilitas mereka masing-masing.Banyak banget sebenernya musisi kita yang memiliki kemampuan untuk membuktikan kepada dunia Indonesia juga bisa ambil bagian dari dunia music internasional.

Mungkin kita sudah bosan ngedenger music-music mainstream yang sering kita denger tiap harinya dan lebih memilih mendengarkan lagu musisi luar negeri.Padahal banyak banget musisi kita yang gak kalah bagusloh dari mereka. Efek rumah kaca, Gugun Blues Shelter, The Super insurgent of Interplacent Talent, Mocca, Nidji, Adhitia Sofyan, Agnes Monica, Ahmad Dhani, tompi, glenn fredly, Pandji Pragiwaksono, Iwan Fals, NOAH, Slank dan sebagai ciri khas kita yaitu music melayu ada ST 12 dan wali, gausah malu kita punya darah melayu, kita harusnya bangga memiliki darah melayu.

Efek rumah kaca my favorite band yang mengangkat aliran Suggest seperti Radiohead, lyric yang mereka berikan pun berdasarkan pandangan luas mereka tentang kehidupan yang di kemas dengan sangat puitis.Menggunakan berbagai macam kiasan-kiasan yang indah dalam setiap lagunya. Lagu yang paling gue suka dari band ini adalah Debu-Debu Berterbangan, ini beda jauh loh sama sama butiran debu isinya haha. Menggambil inti dari lagu dari sebuah Ayat Suci di Al-qur’an mereka mengemasnya dengan sangat indah dan menyentuh.Recommended banget pokoknya, ada juga lagu kesepian yang mengambarkan suasana hati manusia yang memiliki keraguan atas keberadaan Tuhanya. Dengan mendengarkan dan mendalami lyric dari lagu-lagunya gue yakin ;o bakal selalu merinding ketika denger lagu mereka.

Gugun Blues Shelter yang mengangkat aliran blues ini udah gak diragukan lagi kredibilitasnya di dunia music Internasional, pernah menjadi opening band dari band-band terkenal dunia, tampil di seluruh dunia dengan membawa nama Indonesia. Yang gue suka adalah si Jono (bassist) yang selalu memakai seragam pahlawan Indonesia dan membawa Bendera Indonesia di lengannnya setiap mereka tampil di luar negeri dan hebatnya Jono adalah seorang bule ! Bule aja bisa sangat mencintai Indonesia masa kita yang lahir dan tinggal di Indonesia gapernah bangga sama Indonesia ?

The Super Group Of Interplacent Talent yang mengangkat aliran old school rock ini berasal dari Bandung. Sekumpulan mahasiswa ITB yang membikin sebuah band dan bam !jadilah band sekaliber ini. Skill mereka udah gak diragukan lagi, coba lo nonton live nya kalo ga berdecak kagum mah aneeeh hahaha. Apalagi kalo rekti udah mengeluarkan suara lengkingan mautnya !vokalis jet juga kalah sama doi suaranya haha. Band ini udah sering keliling dunia sama seperti GBS yang selalu membawa nama Indonesia dengan mereka.

Nidji merupakan band beraliran electric pop yang sukses di Indonesia, sebuah band major label yang bertahan dengan Idealis bermusik mereka dan membuktikan bahwa ga selamanya harus tunduk dengan pasar music yang ada di Indonesia bila mau sukses. Mereka merupakan band tersukses Indonesia dengan segala macam pencapaian mereka. Sekumpulan orang hebat dan kreatif membentuk sebuah band dan jadilah Nidji haha dan yang terakhir mereka membuat video clip di Inggris bersama salah satu klub bola terbesar disana dengan judul liberty Victory. Bahkan salah satu pembawa acara di MTV asia mengatakan bahwa suara dari giring lebih bagus dari Chris martin yang notabene adalah vokalis dari band coldplay !cool brok !mereka sangat ramah kepada orang-orang sekitarnya juga, gue pernah ketemu disalah satu tempat makan di kaki lima, mereka sangat welcome sekali ketika ada fans yang ingin ngobrol bahkan minta foto dan tanda tangan. Attitude is the most important component to be a great people.

Agnes, ahmad dhani, NOAH, Slank, iwan fals mah gausah dijelaskan lagi yah kapasitasnya, udah tau semua kan gimana dahsyatnya mereka ?Nih gue bakal ngasih tau bahwa ada seorang rapper yang menyuarakan Vox Pupoli (Suara rakyat yang tersisa) dan segala macam keindahan Indonesia dan pandangan tentang Indonesia dengan segala keoptimisan yang dia punya yang ingin mengubah Indonesia dengan gerakan-gerakan yang dia buat, yap Pandji Pragiwaksono. Pandji yang lebih dikenal sebagai pembawa acara kocak dan penyiar radio ini merupakan musisi yang tidak pernah capek buat menyuarakan keinginanya mengubah Indonesia. Gak cuman dari lagu-lagu yang dia bawakan, dia juga menulis segala macam pandanganya di sebuah buku nasional.is.me dan berani mengubah.Selain itu dia merupakan pencetus acara standup comedy di Indonesia yang sudah mulai bosan dengan komedi-komedi yang sudah tidak sehat, dia meyuarakan pandangan dan kritikan kepada pemerintah dengan caranya sendiri yang kocak sehingga orang dapat dengan mudah menangkapnya. Cool brok !coba lo denger juga lagu-lagunya dari album yang dia sebarkan secara gratis agar orang bisa mendengarkan pandangan-pandagan yang lebih luas tentang Indonesia gak cuman dari layar kaca yang hamper semuanya sudah dikendalikan pemerintah atau orang-orang berkuasa lainya.

Kebanggaan yang kita dapat apabila seorang anak bangsa bisa membawa nama Indonesia ke dunia Internasional. Indonesia hanya butuh dukungan mulut dan hati yang ada ditubuhnya hanya butuh memaksimalkan potensi yang ada diotaknya untuk dikeluarkan menjadi sebuah karya untuk menjadi bangsa yang besaar hanya butuh semangat dari darah yang mengalir didalamnya untuk menjalankan semua kehidupan hanya butuh tangan dan kaki yang kuat untuk mewujudkan semua impianya dan menghadang semua kejahatan yang akan merusak dirinya. Indonesia hanya butuh KITA BERSATU untuk menjadi bagian tubuhnya !!

SAVE INDONESIA



Indonesia-Indonesia_Indoooonesia. Lets save Indonesia, from who ?from what ? kita udah merdeka apalagi yang harus diselamatkan ?kita udah bisa mendirikan system Negara kita tanpa ada campur tangan pihak asing, kita udah mendapatkan hak kita sebagai warga Negara, kita udah memiliki kebabasan dalam berpendapat, kita udah melakukan banyak pembangunan dimana-mana, jadi apa yang harus kita selamatkan meeen ?jawabanya banyaaaaaaaaaaaak bos !

Pertama, Indonesia harus mencari dokter yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit bangsa yang sudah kronis yang mulai menggerogoti kekebalan tubuh Indonesia. Yap penyakit penyelewengan dana tuh udah kayak kanker stadium 3 mungkin sekarang. Segala macam proyek pembangunan,pengadaan barang dan jasa,penegakan hukum,jabatan di DPR sampai urusan agama pun dananya bisa di”gocek” oleh para virus dan kuman yang berdasi dan bersumpah untuk mengabdi pada negeri. Semua ini bisa menjadi bom waktu bagi Indonesia bro. kalo udah makin kronis bisa-bisa masyarakat makin pesimis untuk merubah Indonesia. Gimana caranya ya buat nyembuhin penyakit kanker ini ?gue mengistilahkan kanker karena emang belum ada obat yang bisa menghilangkan penyakit ini.People power pun belum berhasil untuk menghilangkan penyakit ini, karena gak cuman 1 orang doang yang ngelakuin ini, tapi udah bener-bener sampe akar yang paling dalem sedalam pondasi tiang pancang hahaha. Hukum mati semuanya ?ya, bisa-bisa hahaha sadisss bro tapi emang dikasih cara yg sadis dulu baru deh nanti pada takut jadi lama-lama ilang mudah2anhahaha

Masalah yang paling membahayakan adalah ketika masyarakat telah pesimis akan bangsanya sendiri, sudah tidak mau menghargai bangsanya sendiri sudah tidak mau merubah keadaan yang terjadi di bangsanya sendiri. Selain kelakuan para pejabatnya yang sudah tidak karuan sebenarnya pengaruh media juga mulai memberikan dampak yang besar kepada ke pesimis-an masyarakat. Media terlalu mengeksploitasi berita-berita buruk tentang Indonesia. Media hanya memikirkan rating yang tinggi untuk setiap acara yang dibuatnya, dengan cara membuka aib orang, memberitakan berita yang belum tentu benar, sampai menyebarkan sebuah hal kecil menjadi besar dan memperburuk keadaan yang sebenarnya. Media sudah terlalu banyak dipolitisasi, terlalu banyak berita yang dibuat-buat yang bertujuan untuk menjatuhkan lawan politik atau menjatuhkan segelintir orang yang dianggap mengganggu. Media harus mulai sadar akan keadaan bangsa, bangsa Indonesia merupakan bangsa yang sering menelan bulat-bulat semua informasi yang diterimanya dan membuat pemahaman sendiri dengan informasi yang hanya diperoleh dari 1 sumber yang belum tentu kebenaranya. Terlalu mudah terpengaruh dengan omongan-omongan orang sekitar dan terlalu senang membicarakan kejelekan orang lain. Kata seorang teman saya “ makanan pokok orang Indonesia selain nasi adalah ngerasani(ngomongin orang) “ hahaha. Bener gak sih ?media yang seharusnya alat penyambung komunikasi antara masyarakat dan wakilnya untuk mendapatkan solusi-solusi permasalahan sekarang malah menjadi katalis dalam kerusakan yang makin bertambah. Masyarakat makin tidak percaya dan pemerintah makin tidak mau mendengar.Hubungan yang didasari rasa curiga menimbulkan keraguan dan tak oercaya.

Selain hal diatas yang sudah kronis lagi adalah pemegang saham terbesar perusahaan Indonesia adalah orang-orang asing, yang mengelola dan menjalankan perusahaan swasta di Indonesia sudah korporasi asing dari penjuru dunia mengeksploitasi semua sumber daya alam di Indonesia. Just like the old time when Japan and Dutch came to this Island. Biasanya saham yang dimiliki perusahaan Indonesia berkisar diangka 5-20 % saja. Padahal ini tanah kita, kekayaan kita, daerah kita kenapa harus lebih percaya orang asing untuk mengelolanya ?mereka hanya inginkan hasil tanpa memikirkan kemajuan yang akan diterima oleh Indonesia. Keuntungan yang mereka peroleh akan digunakan untuk membangun negaranya dan keuntungan yang Indonesia dapat hanya untuk memenuhi beberapa perut buncit orang lalim yang menjual harga dirinya hanya untuk kepuasan pribadi. Pathetic.Jangan biarkan Negara adidaya mengendalikan kita.Buat mereka mengerti bahwa kita yang mereka butuhkan bukan kita yang membutuhkan mereka.Indonesia merupakan paru-paru dunia buatlah itu sebagai pertahanan kita, Indonesia memiliki sumber daya yang sangat kaya buatlah itu sebagai tenaga kita untuk maju, Indonesia memiliki Manusia unggulan yang hanya butuh rasa nasionalis untuk menjadi nahkoda kapal perang ini.Jadilah Indonesia jadilah merah yang berarti berani menghadang semua pengaruh buruk dari luar bernai mengubah Indonesia berani bermimpi dan jadilah putih yang menjalankan Indonesia dengan tulus dan suci sepenuh hati hanya untuk Indonesia, menjadi tenang dalam menghadapi semua cobaan yang datang.Kekuataan semangat dan impian itu lebih besar dari tenaga nuklir.hahaha

Kenapa gue selalu optimis dengan Indonesia disaat yang lain mulai pesimis ?gue terlalu cinta terhadap Negara yang Indah ini, gue banyak berhutang besar kepada Negara ini. Negara yang udah ngasih gue segalanya, keindahan alamnya, orang-orang yang dahsyat yang ada disekitar gue, pengertian arti perjuangan hidup. Selama gue masih hidup dan bernafas di negeri sebelum gue kembali menyatu  dengan tanah di negeri yang indah ini gue bakal terus berusaha mengubah Indonesia menjadi Negara yang lebih baik, gue gamau hanya menjadi segumpal daging yang hanya memiliki namatapi gue mau memiliki tekat yang besar untuk mengubah semua ini. Dimulai dengan menciptakan rasa optimis kembali di setiap dada penerus bangsa disetiap penjuru bangsa. Langkah yang gue buat mulai dari menulis blog ini dan akan muncul langkah-langkah yang selanjutnya. Gue yakin didalam hati setiap warga Negara pasti menginginkan perubahan dalam negeri ini, gue yakin dengan sedikit sentilan maka rasa itu akan muncul dengan sendirinya. Seperti yang gue bilang pada post sebelumnya orang Indonesia itu memiliki rasa keterikatan yang besar dengan negaranya. Jangan hanya mencela dan berkomentar negative untuk mengharapkan perubahan tapi buatlah sesuatu yang berarti.

THE TWO CITIES

This isn’t about Sauron and Saruman conspiracy in Lord Of The Ring Movie The Two Tower. This is about two cities that most meaningful for me. Woow how deep that is.Ya ini tentang Kota Bogor dan Kota Surakarta (Solo). Di dua kota ini juga gue tinggal di dua kota ini gue menemukan arti hidup di dua kota ini gue menemukan keragaman di dua kota ini gue melihat keindahan Indonesia dalam skala kecil

Okay the first is Solo !!! gue tinggal disolo karena gue harus kuliah di UNS. Pertama gue sedikit kecewa harus tinggal disolo, yang gue pengen sih sebenernya Jogja yap gue pengen banget kuliah di UGM di fakultas kedokteran, yang udah dari kecil gue idamkan tapi takdir berkata lain, such an old and sad story hahaha. Setelah berjalannya waktu gue baru menemukan menariknya Solo. Kota yang lumayan besar yang dikelilingi oleh kota kartosura dan karang anyar dan dilewati oleh sungai yang sangat ngehits bengawan solo dan di bentengi oleh gunung lawu. Kota yang pembangunanya bisa dibilang cepat dengan tata kota yang baik. Kota yang masih memegang kental kebudayaan daerahnya dan memiliki keraton yang berada tepat di tengah kota solo.

Gue mulai suka solo ketika melihat masyarakatnya yang bisa hidup rukun dan damai ditengah perbedaan yang mereka yakini, tanpa ada kerusuhan yang berarti, masjid dan gereja bisa berdiri berdampingan, rasa tenggang rasa yang dimiliki masyarakat solo sangat tinggi, itulah kenapa solo bisa adem ayem aja. Selain masyarakatnya pemimpin merekapun padut diberikan credit untuk menyelesaikan masalah daerahnya. Pedagang kaki lima ditertibkan bukan diberantas untuk kerapihan kota dengan cara pendekatan yang benar. Merespon segala terror yang ada ditengah masyarakat dengan tenang dan berani turun langsung ke masyarakat yang sedang memiliki konflik. Disolo gue mendapatkan pandangan yang luas tentang pluralism dalam bernegara, disolo gue mendapatkan pelajaran kehidupan yang sangat berharga, ketika lo jauh dari orang-orang terdekat maka lo akan memiliki pandangan lebih luas melihat keberagaman dan perbedaan watak dan sikap orang untuk bertahan hidup, disolo gue menemukan arti dari keikhlasan dan juga semangat untuk merubah rasa kecewa menjadi sebuah lecutan semangat untuk terus berkarya.Karena di solo gue menemukan orang yang baik, orang baik yang pura-pura jahat, orang jahat yang pura-pura baik sampai orang yang benar-benar jahat.Disaat lo ngerantau rasa kekecewaan itu selalu muncul dari mana aja, dan lo harus bisa menyikapi itu dengan lapang dada dan ikhlas hahaha jadi sok bijaaaak gueeeehhh hahaha. Pokoknya solo punya cerita dan tempat tersendiri di hati gue yang bakal gue inget seumur hidup

BOGOOOORRR!!!! Ah my lovely hometown with all error public transportation (re : Angkot nu ngaco). Entah kenapa kota yang satu ini selalu bikin kangen,selalu bikin kenangan indah,selalu memberi ketenangan selalu memberikan kesan yang ramah untuk orang-orang didalamnya. Bogor adalah kota disamping Jakarta yang memiliki curah hujan yang sangat tinggi dan memiliki udara yang sangat sejuk, dikelilingi oleh 3 gunung, yaitu pangrango,gede dan salak. Kalo lo bangun pagi cukup keluar rumah dan melihat betapa megahnya 3 gunung itu dan lo bakal langsung jatuh cinta dengan Bogor. Kota yang tidak terlalu besar dengan populasi penduduk yang tidak terlalu banyak tapi angkotnya luar biasa banyak yang menyebabkan kacaunya lalu lintas kota Bogor(ga sekacau Jakarta tapi). Positifnya adalah lo gausah takut ga dapet angkot kalau misalkan lo pergi jam 2 malem.

Dibogor gue bisa ngerasa tenang banget buat ngadepin masalah, mungkin karena udara disana yang sejuk yah jadi bisa bikin pikiran tenang, ini gak lebay loh, coba lo pernah liat gak diberita ada kerusuhan dibogor ?ada demo yang berujung ricuh dibogor ?gaaak adaaaa meeen gila lo! Hahaha.Dibogor juga gue nemuin arti kesederhanaan, nemuin arti persahabatan dan keceriaan sepanjang waktu hahaha. Gimana yah abis orang bogor teh bageur-baguer brok! Pergaulanya juga beda jauh sama pergaulan ibukota. Orang bogor itu lebih mementingkan kebersamaan ini yang gue suka, kalo lo udah dianggep temen pasti kalo lo ada kesusahan lo langsung dibantu meeen! Satu lagi masyarakat kota bogor itu murah senyum dan welcome banget ke orang-orang yang datang kekotanya. Itulah kenapa Belanda pada zaman penjajahan memilih bogor sebagai tempat istirahat.

Keadaan alam yang dimiliki bogor itu indah bangets meeen. Kesan pertama pasti hijau dan asri brooo, cocok banget buat menghilangkan stress dan kepenatan. Bogor itu punya kebun raya sebagai paru-paru kota, gue yakin bogor gapernah banjir biarpun ujan tiap hari tuh yak arena kebun raya. Bogor punya puncak yang isinya adalah kebun the yang yahud !dipuncak tuh banyak banget objek wisata alam yang bisa kita coba brok !tapi jangan kawin kontrak ye kalo kepuncak hahaha.
Ah bogor-bogor ke syahduanmu gabakal tergantikan. Coba lo tinggal dibogor selama 1 tahun gue jamin lo bakal ngerasain yang gue rasain hahaha

Sebenernya semua kota Indonesia yang udah pernah gue datengin indah dan memiliki ciri khasnya masin-masing. Lo gaperlu harus datang ke kota yang modern atau maju untuk mendapatkan sebuah rasa kesenangan. Cukup nikmati setiap momentnya maka lo akan merasakan kebahagiaan yang sangat besar dan kecintaan terhadap Indonesia. Kita gausah berharap akan menemukan suatu yang sempurna dari Indonesia, tapi cobalah kita menjadi sempurna buat Indonesia !